HUBUNGAN ANTARA METODE BERCERITA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOPOK BERMAIN AR- ROUDHOH KABUPATEN JEMBER

  • Asrianda Itis Budiarti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Kelompok  bermain  merupakan  tempat  bermain  bagi  anak-anak sebelum memasuki Taman Kanak-kanak (TK). Di KB Ar-Roudhoh menerima anak-anak dengan rentan usia 3-4 tahun dengan acuan bahwa anak dengan usia tersebut adalah anak yang mempunyai  banyak  potensi  yang  perlu dikembangkan  dengan  maksimal. Salah  satu aspek  perkembangan  anak  usia dini yang harus dikembangkan  adalah  aspek perkembangan  bahasa,  perkembangan  bahasa anak usia dini sangatlah penting sebagai dasar  kemampuan  seorang  anak  akan  dapat  meningkatkan  kemampuan-kemampuan  yang  lain. Permasalahan   yang  ada dilapangan  adalah  kurangnya  keterampilan  berbahasa anak  yaitu  anak  kurang  mampu  mengucap kata dan  kalimat  kurang  aktif  berkomunikasi,  serta  keberaniaanya  untuk  bercerita di depan kelas. Oleh karena itu di kelompok bermain Ar-Roudhoh menerapkan metode bercerita sebagai metode dalam  mengembangkan  kemampuan berbahasa anak usia dini. Berdasrakan latar belakang  masalah tersbut peneliti merumuskan masalah yaitu adakah hubungan antara metod bercerita dengan perkembangan bahasa anak usia dini?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk penyelenggaraan program pendidikan anak usai terutama aspek perkembangan bahasa anak. Jenis penelitian ini merupakan peneltian korelasional tata jenjang dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan observasi (chek list) dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package For The Social Scieneses) seri 2.4.0. dari proses tersebut diketahu adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pengelola lembaga adalah agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan peneltian lebih lanjut terkait dengan penerapan metode bercerita dengan perkembangan moral anak usia dini.


 

Published
2018-03-23
How to Cite
BUDIARTI, Asrianda Itis; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. HUBUNGAN ANTARA METODE BERCERITA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOPOK BERMAIN AR- ROUDHOH KABUPATEN JEMBER. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5-7, mar. 2018. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8089>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v2i1.8089.