HUBUNGAN ANTARA METODE BERCERITA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KELOPOK BERMAIN AR- ROUDHOH KABUPATEN JEMBER
Abstract
Kelompok bermain merupakan tempat bermain bagi anak-anak sebelum memasuki Taman Kanak-kanak (TK). Di KB Ar-Roudhoh menerima anak-anak dengan rentan usia 3-4 tahun dengan acuan bahwa anak dengan usia tersebut adalah anak yang mempunyai banyak potensi yang perlu dikembangkan dengan maksimal. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah aspek perkembangan bahasa, perkembangan bahasa anak usia dini sangatlah penting sebagai dasar kemampuan seorang anak akan dapat meningkatkan kemampuan-kemampuan yang lain. Permasalahan yang ada dilapangan adalah kurangnya keterampilan berbahasa anak yaitu anak kurang mampu mengucap kata dan kalimat kurang aktif berkomunikasi, serta keberaniaanya untuk bercerita di depan kelas. Oleh karena itu di kelompok bermain Ar-Roudhoh menerapkan metode bercerita sebagai metode dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Berdasrakan latar belakang masalah tersbut peneliti merumuskan masalah yaitu adakah hubungan antara metod bercerita dengan perkembangan bahasa anak usia dini?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk penyelenggaraan program pendidikan anak usai terutama aspek perkembangan bahasa anak. Jenis penelitian ini merupakan peneltian korelasional tata jenjang dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan observasi (chek list) dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package For The Social Scieneses) seri 2.4.0. dari proses tersebut diketahu adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pengelola lembaga adalah agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan peneltian lebih lanjut terkait dengan penerapan metode bercerita dengan perkembangan moral anak usia dini.