HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN HANDAYANI JEMBER
Abstract
Partisipasi orangtua merupakan suatu keterlibatan orangtua baik secara langsung maupun tidak langsung pada programpendidikan anak yang dilakukan di rumah maupun di sekolah guna meringankan guru dalam membina kepercayaan diri anak, mengurangi masalah disiplin anak, dan meningkatkan motivasi anak. Berdasarkan latar belakang masalah, makapeneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah hubungan antara partisipasi orangtua dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kelompok Bermain Handayani Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara partisipasi orangtua dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kelompok BermainHandayani Jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai informasi tentang pentingnya partisipasi orangtua terhadappendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang pengambilan datanya menggunakan angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang. Dari proses tersebut diketahui adanya hubunganyang signifikan antara kedua variabel yang menunjukkan bahwa r
sebesar 0,937, jika dikonsultasikan dengan harga rkritik sebesar 0,450 pada taraf kepercayaan 95% , akan menunjukkan bahwa r
hitung
hitung
≥ r
, = 0,937 ≥0,450. Dan jikadiprosentasekan partisipasi orangtua memberikan kontribusi 87,79%, terhadap perkembangan sosial emosioanal anak usia
kritik
dini sedangkan sisanya 12,21% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran untuk pengelola lembaga Kelompok Bermain HandayaniJember agar lebih optimal dalam menjalin hubungan dengan orangtua peserta didik sehingga mereka termotivasi untuk turutberpartisipasi dalam menjalankan program pendidikan anak usia dini.
.