Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Tunas Teratai Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Kota Jakarta Timur

  • Ayu Andira Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutarjo Sutarjo Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Ada banyak jenis pola pengasuhan yang dapat diberikan pada anak, antara lain pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh manja atau permisif, dan pola asuh terabaikan. Selain faktor yang memfasilitasi atau menghambat, pendidikan juga berperan dalam memotivasi belajar sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar dini di PAUD Tunas Teratai Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Kota Jakarta Timur serta untuk memperjelas hubungan antara orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di PAUD Tunas Teratai, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap orientasi, tahap explorasi, dan tahap member check. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pentingnya pola asuh orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini

Published
2022-09-30
How to Cite
ANDIRA, Ayu; SUTARJO, Sutarjo; HOERNIASIH, Nia. Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Tunas Teratai Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Kota Jakarta Timur. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 167-173, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34399>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34399.