Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick Terhadap Hasil Dan Dampak Pada Program Kursus Hantaran Di LKP Parcelia Jember

  • Bibi Ekawati Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Frimha Purnamawati Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Evaluasi model Kirkpatrick merupakan sebuah upaya dalam menganalisis secara detail dalam mengetahui kemampuan keterampilan dan dampak peserta didik dalam mengikuti program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Tujuan penelitian ini  untuk  mengetahui  dan  mendiskripsikan  penerapan  evaluasi  model  Kirkpatrick  pada program kursus hantaran  yang diselenggarakan  oleh LKP Parcelia Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian menggunakan teknik purposive area. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Model Mile and Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Pada penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data yaitu peningkatan ketekunan, perpanjangan penelitian, dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan evaluasi yang dilakukan oleh pihak LKP Parcelia menghasilkan beberapa peningkatan dalam upaya memenuhi tingkat kualitas pada peserta didik dalam program kursus hantaran

Published
2022-09-30
How to Cite
EKAWATI, Bibi; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; PURNAMAWATI, Frimha. Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick Terhadap Hasil Dan Dampak Pada Program Kursus Hantaran Di LKP Parcelia Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 161-166, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34398>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34398.