Penerapan Evaluasi Model Kirkpatrick Terhadap Hasil Dan Dampak Pada Program Kursus Hantaran Di LKP Parcelia Jember
Abstract
Evaluasi model Kirkpatrick merupakan sebuah upaya dalam menganalisis secara detail dalam mengetahui kemampuan keterampilan dan dampak peserta didik dalam mengikuti program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan evaluasi model Kirkpatrick pada program kursus hantaran yang diselenggarakan oleh LKP Parcelia Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian menggunakan teknik purposive area. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Model Mile and Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Pada penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data yaitu peningkatan ketekunan, perpanjangan penelitian, dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan evaluasi yang dilakukan oleh pihak LKP Parcelia menghasilkan beberapa peningkatan dalam upaya memenuhi tingkat kualitas pada peserta didik dalam program kursus hantaran