Dampak Pelatihan Membatik Terhadap Keberdayaan Peserta Didik di Unit Pelaksanaan Teknis Balai Latihan Kerja Jember

  • Toha Rizky Saputro Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Fuad Hasan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Program Pelatihan Membatik adalah program pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja Jember dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Program pelatihan membatik juga memberikan kesempatan alumni peserta pelatihan guna mempraktekan dan mengaplikasikan hasil pembelajaran yang diberikan melalui praktek yang diberikan oleh Balai Latihan Kerja Jember. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik perolehan data dilakukan dengan metode pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Untuk kepercayaan yang lebih akurat pada data digunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi meliputi triangulasi sumber dan teknik. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan analisis merumuskan masalah, analisis sebelum di lapangan, dan analisis Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu dampak pelatihan membatik terhadap keberdayaan peserta didik di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Jember memberikan pengaruh positif bagi keberdayaan alumni peserta didik yang nampak yakni: 1) Peningkatan kualitas sumber daya manusia berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan; 2) Mampu memanfaatkan peluang dalam segi berwirausaha; 3) Kesejahteraan dari segi meningkatkannya taraf hidup

Published
2022-09-30
How to Cite
SAPUTRO, Toha Rizky et al. Dampak Pelatihan Membatik Terhadap Keberdayaan Peserta Didik di Unit Pelaksanaan Teknis Balai Latihan Kerja Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 156-160, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34397>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34397.