Implementasi Guru Keliling (Guling) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Nurul Huda

  • Mochammad Rico Syah Putra Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program guru keliling (guling) dalam mengembangkan kognitif anak usia 3-4 tahun pada masa pandemi Covid-19 di Pendidikan Anak Usia Dini Nurul Huda Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berlokasi di Penidikan Anak Usia Dini Nurul Huda Jember dengan menggunakan  teknik Purposive  Area.  Menentukan  informan menggunakan  teknik  Purposive Sampling. Teknik memperoleh data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data, yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verivikasi data. Hasil penelitian menyatakan program guru keliling (guling) berjalan dengan cukup. Persiapan atau perencanaan pendidik menyusun RPPH,   pelaksanaan pendidik berpedoman pada persiapan atau perencanaan, dan evaluasi pendidik melakukan penilaian terhadap peserta didik.  Perkembangan kogntif anak dalam aspek belajar dan pemecahan masalah peserta didik mampu berhitung sambil melakukan permainan lempar tangkap bola. Dalam aspek berpikir logis peserta didik mampu melakukan pola tepuk tangan dengan irama. Dan kemudian dalam aspek berpikir simbolik peserta didik mampu bermain peran serta menyebutkan tugas peran yang dimainkannya

Published
2022-09-30
How to Cite
PUTRA, Mochammad Rico Syah; IMSIYAH, Niswatul; HIMMAH, Irliana Faiqotul. Implementasi Guru Keliling (Guling) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Nurul Huda. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 138-144, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34394>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34394.