Literasi Kesehatan Fisik Melalui Pembelajaran Area

Studi Pada Anak Usia Dini di SPS Bina Sejahtera Pasuruan

  • Firdaus Ferdhiansyah Putra Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Sylva Alkornia Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Linda Fajarwati Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Literasi kesehatan fisik adalah pengetahuan yang mengenai kesehatan secara fisik. Literasi kesehatan sangatlah perlu dilakukan di masa new normal ini. Selain mengenai literasi kesehatan adapun juga mengenai peran nutrisi dan gizi. Mengingat anak usia dini mudah terkena penyakit jika imun di tubuh kita menurun. Namun, para orang tua disini masih saja kurang memperhatikan tentang kesehatan anak. Tujuan penelitian ini yakni mengedukasi orang tua dan anak melalui model pembelajaran area yang mencakup bermain peran dan juga perkembangan kognitif di SPS Bina Sejahtera Kota Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik purposive area dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan pendidik, dan informan pendukung yakni para orang tua. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber, teknik dan waktu) dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data setelah itu penyajian dan verifikasi data, adapun hasil dari penelitian ini yaitu para orang tua dan anak usia dini dapat menangkap penjelasan literasi kesehatan yang melalui model pembelajaran area yang mencakup bermain peran dan kognitif

Published
2022-09-30
How to Cite
PUTRA, Firdaus Ferdhiansyah et al. Literasi Kesehatan Fisik Melalui Pembelajaran Area. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 112-117, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34390>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34390.