Pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Keterampilan Tata Boga Di PKBM Cendikia Cemerlang Kecamatan Parung Panjang

  • Fani Ahdaniah Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratna Sari Dewi Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan proses serta faktor-faktor pendukung dan penghambat pelatihan pendidikan kecakapan hidup melalui keterampilan tata boga di PKBM Cendikia Cemerlang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) proses pelatihan dilatarbelakangi upaya pemberdayaan ibu rumah tangga melalui keterampilan. Materi pelatihan 30% teori dan 70% praktik. Menerapkan metode group teaching method, mass teaching method, individual teaching method. Dengan teknik praktik, ceramah, diskusi, problem solving. Serta pendekatan andragogi. Menggunakan media cetak dan non-cetak. Dengan jenis evaluasi sumatif dan formatif. Hasil proses pelatihan yaitu peserta memperoleh bekal keterampilan dalam mengolah makanan dan menjadi pribadi yang komunikatif, kreatif, dan inovatif. (2) Faktor pendukung dalam proses pelatihan yaitu dukungan teman sejawat, keluarga, masyarakat, partisipasi tutor dan kesesuaian biaya. Dengan faktor penghambat yaitu sarana, prasarana, partisipasi peserta pelatihan dan waktu pelaksanaan

Published
2022-09-30
How to Cite
AHDANIAH, Fani; HOERNIASIH, Nia; DEWI, Ratna Sari. Pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Keterampilan Tata Boga Di PKBM Cendikia Cemerlang Kecamatan Parung Panjang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 105-111, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34389>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34389.