Pemberdayaan Perempuan dan Perwujudan Perempuan Berliterasi Digital Melalui Platform Digital "Perempuan Berkisah"

  • Aisyah Anggreni Anggreni Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
  • Friska Indria Nora Harahap Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
  • Jihan Sunita Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Nurhasanah Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi bagaimana bentuk pemberdayaan perempuan melalui platform digital "Perempuan Berkisah" yang memberdayakan perempuan sekaligus bentuk perwujudan perempuan yang berliterasi digital. Upaya yang dilakukan oleh "Perempuan Berkisah" meliputi penguatan kapasitas perempuan melalui media berbagi pengetahuan, pembelajaran dan kisah inspiratif, program pendampingan perempuan korban kekerasan, program pemberdayaan ekonomi solidaritas perempuan khusus anggota Perempuan Berkisah (PB), dan program bantuan langsung berbasis empati bagi perempuan penyintas kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini diambil dari jurnal-jurnal ilmiah yang selaras dengan tema penelitian ini dan informasi dari platform digital Perempuan Berkisah itu sendiri sebagai objek yang utama. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya model pemberdayaan perempuan yang sesuai dengan tuntutan zaman dan kecanggihan teknologi yaitu melalui platform digital "Perempuan Berkisah" yang merealisasikan program dan kegiatannya dalam memberdayakan perempuan dan menghadirkan perwujudan perempuan berliterat dengan pemanfaatan platform digital.

Published
2022-09-30
How to Cite
ANGGRENI, Aisyah Anggreni et al. Pemberdayaan Perempuan dan Perwujudan Perempuan Berliterasi Digital Melalui Platform Digital "Perempuan Berkisah". Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 89-97, sep. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/34387>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i2.34387.