Metode Pendidik Dalam Menanamkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini di PAUD Plamboyan 3 Karawang

  • Nabila Dwi Andra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutarjo Sutarjo Prodi Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa
  • Abdul Muis Prodi Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa

Abstract

Abstrak


Pendidikan adalah pedoman dalam kehidupan dewasa anak-anak. Dalam arti, pendidikan terdiri dari membimbing semua kekuatan alam yang ada pada anak-anak ini, sehingga sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan terbesar”. Misi program PAUD adalah mengupayakan layanan pendidikan bagi seluruh anak tanpa terkecuali dalam rangka membentuk manusia. Mengajarkan anak untuk mandiri sangat perlu dilakukan sejak dini agar sikap mandiri yang benar-benar berkembang dalam diri. Menurut situs jejaring sosial "Sekolah.mu", sikap mandiri harus mulai diajarkan dan ditanamkan pada anak usia 2 hingga 5 tahun. Pada usia ini, sikap anak sudah terbentuk menjadi fondasi yang akan dibawanya sebagai orang dewasa. Tujuan dari kemandirian ini adalah untuk mengetahui kemandirian yang ada di PAUD Plamboyan 3 karawang dengan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai akivitas. Semakin banyak kesempatan yang diberikan pada anak, maka anak akan semakin terampil mengembangkan skillnya sehingga lebih percaya diri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.


 


Kata Kunci: Metode, Pendidik, Pendidikan Anak Usia Dini, Kemandiran

Published
2023-03-31
How to Cite
ANDRA, Nabila Dwi; SUTARJO, Sutarjo; MUIS, Abdul. Metode Pendidik Dalam Menanamkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini di PAUD Plamboyan 3 Karawang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-6, mar. 2023. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/33451>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v7i1.33451.