Penyuluhan Kesadaran Hidup Berkoperasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota (Study Pada Koperasi Kersanagara Kelurahan Kersanagara Kecamatan Cibereum)

  • Vita Laeli Fitri Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Siliwangi
  • Wiwin Herwina Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Siliwangi
  • Ahmad Hamdan Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Siliwangi

Abstract

meningkatkan partisipasi anggota di Kelurahan Kersanagara Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (kesimpulan). Hasil penelitian dari penyuluhan kesadaran hidup berkoperasi dalam meningkatkan partisipasi anggota bahwa Koperasi Kersanagara menjadi awal bagi beberapa masyarakat yang peduli terhadap perekonomian warga Kersanagara, untuk menjadikan warganya lebih mengetahui tata cara berkoperasi, mereka tidak akan lagi terjerumus pada lingkaran transaksi peminjaman ilegal yang pada akhirnya akan menjerumuskan mereka pada kerugian. Koperasi Kersanagara ini koperasi sekelurahan jadi banyak masyarakat berbondong-bondong ikut bergabung menjadi anggota koperasi. Kesadaran anggota dalam koperasi lebih di tingkatkan lagi, memang masyarakat yang tadinya tidak mengetahui koperasi menjadi mengetahui koperasi dari keluarga atau tetangga. Namun setelah menjadi anggota pun masyarakat masih melakukan transaksi peminjaman di tempat lain.

Published
2022-03-31
How to Cite
FITRI, Vita Laeli; HERWINA, Wiwin; HAMDAN, Ahmad. Penyuluhan Kesadaran Hidup Berkoperasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota (Study Pada Koperasi Kersanagara Kelurahan Kersanagara Kecamatan Cibereum). Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 80-88, mar. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30842>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30842.