Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Anak Usia Dini Di Yayasan Karya Wisma Gelandangan Dan Pengemis Kabupaten Lumajang

  • Fiola Falancha Yonas Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Sylva Alkornia Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Adanya berbagai macam- macam pola asuh sebagai orang tua  harus dapat menerapkan pola asuh yang tepat pada anaknya. Dalam mendidik anak sebaiknya orang tua memberikan arahan yang baik seperti memberikan contoh dalam kehidupan sehari hari dikarenakan seorang anak ibarat sebuah cermin dari orang tuanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam pendidikan seks anak usia dini   di Yayasan Karya Wisma gelandangan dan pengemis di Kabupaten Lumajang. Penentuan tempat pada penelitian yakni menggunakan purposive area, sebab pemilihan tempat berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan dengan purposive sampling, adapun menggunakan snowball sampling dalam menggali data informan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi teknik dan triangulasi  sumber.  dan  triangulasi  waktu.  Analisis  data  menggunakan  Miles  dan  Huberman meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pentingnya pemberian pemahaman pendidikan seks dimulai anak memasuki usia dini   dapat dimulai melalui pola asuh orang tua dalam kehidupan sehari-hari, karena memberikan bekal pengetahuan pendidikan seks sangat mempengaruhi   perkembangan   dan pertumbuhan anak.

Published
2022-03-31
How to Cite
YONAS, Fiola Falancha; IMSIYAH, Niswatul; ALKORNIA, Sylva. Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Anak Usia Dini Di Yayasan Karya Wisma Gelandangan Dan Pengemis Kabupaten Lumajang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 74-79, mar. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30841>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30841.