Filsafat Realisme Sebagai Upaya Pembaharuan Pembelajaran Dalam Praksis Pendidikan Luar Sekolah

  • Abdul Shomad Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peranan aliran filsafat realisme dalam praktik pendidikan luar sekolah, dimana aliran ini mengedepankan nilai atau realistis nyata, artinya pembelajaran nya diperlukan media-media yang sifatnya konkrit atau ada. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kulitatif dengan menggunakan pendekatan study kepustakaan deskripstif analisis digunakan dalam penelitian ini, sumber yang dipakai tidak lain yaitu literatur yang relevan, Hasil dari penulis mengemukakan bahwasannya implementasi pendidikan luar sekolah adalah untuk penyesuaian diri dalam hidup dan mampu melaksanakan tanggung jawab sosial. Pendidikan bertujuan agar peserta didik dapat bertahan hidup di dunia yang bersifat alamiah, memperoleh keamanan dan hidup bahagia, dengan jalan memberikan pengetahuan esensial kepada peserta didik. Pengetahuan tersebut akan memberikan keterampilan-keterampilan yang penting untuk memperoleh keamanan dan hidup bahagia.

Published
2022-03-31
How to Cite
SHOMAD, Abdul. Filsafat Realisme Sebagai Upaya Pembaharuan Pembelajaran Dalam Praksis Pendidikan Luar Sekolah. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 69-73, mar. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30840>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30840.