Transformative Learning Terhadap Kesejahteraan Sosial Gelandangan dan Pengemis di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember

  • Dita Shintya Dewi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Fuad Hasan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui transformative learning terhadap kesejahteraan sosial gelandangan dan pengemis di lingkungan pondok sosial Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan tempat dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive area yaitu di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisi data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yakni pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa transformative learning memberikan perubahan psikologi dan perilaku gelandangan dan pengemis, yang memberikan dampak pada kesejahteraan sosial yang meliputi lingkungan dan ekonomi gelandangan dan pengemis.

Published
2022-03-31
How to Cite
DEWI, Dita Shintya; IMSIYAH, Niswatul; HASAN, Fuad. Transformative Learning Terhadap Kesejahteraan Sosial Gelandangan dan Pengemis di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 62-68, mar. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30839>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30839.