Hubungan Ekstrakurikuler Dengan Sikap Positif Dalam Mengikuti Kegiatan Pramuka Di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat

  • Eva Novita Sari Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang
  • Eva Novita Sari Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang
  • Irmawita Irmawita Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan sikap positif yang sangat baik pada peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat. Perubahan sikap positif tersebut diduga disebabkan karena ekstrakurikuler pramuka berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan ekstrakurikuler pramuka, menggambarkan sikap positif peserta didik, dan melihat hubungan antara ekstrakurikuler dengan sikap positif dalam mengikuti Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan populasi seluruh peserta didik yang terdaftar mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka kemudian sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat dikategorikan sangat baik, sikap positif dalam kegiatan pramuka di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat dikategorikan sangat baik, dan terdapat hubungan yang siginifikan antara ekstrakurikuler dengan sikap positif dalam mengikuti Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat. Disarankan kepada pembina untuk menciptakan kegiatan pramuka yang menarik dan menyenangkan sehingga perubahan sikap peserta didik menjadi lebih meningkat.

Published
2022-03-31
How to Cite
SARI, Eva Novita; SARI, Eva Novita; IRMAWITA, Irmawita. Hubungan Ekstrakurikuler Dengan Sikap Positif Dalam Mengikuti Kegiatan Pramuka Di SMK Negeri 6 Padang Sumatera Barat. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 51-61, mar. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30838>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30838.