Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi (Studi Pada Kelompok Mekar Tani Di Kelurahan Babakan Kalangsari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya)

  • Mia Septia Ningrum Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Siliwangi
  • Lilis Karwati Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Siliwangi
  • Nastiti Novitasari Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Siliwangi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan dan dampak pemberdayaan masyarakat melalui kelompok tani dalam menunjang pendapatan petani padi kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat kelompok tani dalam meningkatkan pendapatan petani padi melalui beberapa indikator antara lain: Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan dan Pemeliharaan. Sedangkan hasil dari pemberdayaan kelompok tani padi dapat meningkatkatkan hasil panen padi yang baik melalui pendampingan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan membantu memberikan penyuluhan dan pendampingan terhadap kegiatan panen padi ini dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan panen padi

Published
2022-03-31
How to Cite
NINGRUM, Mia Septia; KARWATI, Lilis; NOVITASARI, Nastiti. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi (Studi Pada Kelompok Mekar Tani Di Kelurahan Babakan Kalangsari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya). Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 9-16, mar. 2022. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30832>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30832.