Peran Sanggar Seni Pemuda Edi Peni Dalam Pelestarian Budaya Lokal Di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

  • Aziz Mei Kurnianto
  • Deditiani Tri Indrianti Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Universitas Jember

Abstract

Generasi muda merupakan penggerak utama dalam proses pelestarian budaya. Pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal yang bertujuan untuk menghindarkan dari kepunahan. Sanggar Seni mempunyai peran yang sangat besar dalam proses melindungi kebudayaan lokal yaitu peran untuk menjaga dan melindungi kebudayaan local. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi, perbandingan, dan referensi literatur bagi peneliti lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian  ini  menggunakan  metode  purposive  area  yaitu  di  Sanggar  Seni  Pemuda  Edi  Peni  Desa  Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Teknik menentukan informan penelitian menggunakan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yakni perpanjang penelitian, penigkatan ketekunan, dan triangulasi menggunakan triangulasi sember. Analisis data yang akan digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data,  melakukan display data atau penyajian data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi.

Published
2020-02-18
How to Cite
KURNIANTO, Aziz Mei; INDRIANTI, Deditiani Tri; ARIEFIANTO, Lutfi. Peran Sanggar Seni Pemuda Edi Peni Dalam Pelestarian Budaya Lokal Di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 59-65, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16803>. Date accessed: 05 june 2020.