Peran Tokoh Masyarakat Dalam Peningkatan Partisipasi Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Di PKBM Nurul Huda Kabupaten Jember

  • Ulva Verani
  • Niswatul Imsiyah Universitas Jember
  • Muhammad Irfan Hilmi Universitas Jember

Abstract

Rendahnya partisipasi warga belajar merupakan permasalahan yang perlu diselesaikan. Dalam lembaga pendidikan, tokoh masyarakat memiliki peran yang membantu warga belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran tokoh masyarakat dalam peningkatan partisipasi warga belajar pendidikan kesetaraan program  paket B di PKBM Nurul Huda Kabupaten Jember. Jenis peneltian ini deskriptif kualitatif. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan  purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik. Analisis datanya interaktif model Mile and Huberman terdiri reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaperan tokoh masyarakat yakni peran fasilitatif, pendidikan dan representasi telah dilakukan saat pelaksanaan program pendidikan kesetaraan paket B berlangsung namun hasil partisipasi yang diperoleh lebih banyak berasal dari inisiatif warga belajar sendiri. Partisipasi yang diberikan berupa ide/buah pikiran, tenaga dan materi/harta benda

Published
2020-02-18
How to Cite
VERANI, Ulva; IMSIYAH, Niswatul; HILMI, Muhammad Irfan. Peran Tokoh Masyarakat Dalam Peningkatan Partisipasi Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Di PKBM Nurul Huda Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 50-58, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16802>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16802.