Penerapan Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Kursus Pada Lembaga Kursus Mengemudi “PRIVATE” Di Kabupaten Jember

  • Alvin Septian
  • Niswatul Imsiyah Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Universitas Jember

Abstract

Ketidakberhasilan suatu lembaga kursus mengemudi terjadi karena adanya kesalahan dalam pengelolaan dalam  penerapan  yang  di  lakukan  oleh  instruktur  itu  sendiri  dan  bisa  jadi  lulusan dalam  proses pembelajaran akan tidak efektif.. Jenis  penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Supaya kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik keabsahan data yakni perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.  Hasil penelitian  menunjukkan  LKP  “PRIVATE”  dalam perencanaan pembelajaran meliputi rancangan pelaksanaan pembelajaran, Dalam pelaksanaannya terhadap hasil belajar instruktur  melaksanakan  rencana  kegiatan  pembelajaran  yang  telah  dibuat  di  awal  dalam  perangkat  pembelajaran. Selanjutnya  dalam  Penilaian  atau  evaluasi  yang  dilakukan,  menggunakan prosedur  dan  instrumen  untuk  mengetahui pencapaian kompetensi dasar dan disesuaikan dengan yang ada pada kurikulum. dan hasil belajar setelah peserta mengikuti kursus peserta dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotoriknya

Published
2020-02-18
How to Cite
SEPTIAN, Alvin; IMSIYAH, Niswatul; ARIEFIANTO, Lutfi. Penerapan Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Kursus Pada Lembaga Kursus Mengemudi “PRIVATE” Di Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 31-36, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16800>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16800.