Hubungan Antara Metode Pelatihan Dengan Kreativitas Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin Di LKP Hermin Jepara

  • Selly Irfiana Safitri
  • Niswatul Imsiyah Universitas Jember

Abstract

Salah satu peran metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar adalah membantu menarik perhatian peserta didik sehingga membangkitan minat motivasi, aktifitas dan kreativitas belajar peserta didik. Kreativitas merupakan hasil belajar dalam kecakapan kognitif, sehingga untuk menjadi kreatif dapat dipelajari melalui proses belajar mengajar. Pada penelitian ini peneliti menentukan indikator berdasarkan dalam 4-P Kreativitas yaitu pribadi (person), pendorong (press), proses (process) dan produk (product). Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi sebagai metode tambahan. Kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 24. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh besar peran (R) sebesar 0,904 (dengan N=18 dan signifikasi 0,000) termasuk dalam kategori korelasi sangat tinggi, jika di prosentasekan diperoleh nilai sebesar 81,72%. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara metode pelatihan dengan kreativitas peserta pelatihan tata rias pengantin di LKP Hermin Jepara

Published
2020-02-18
How to Cite
SAFITRI, Selly Irfiana; IMSIYAH, Niswatul. Hubungan Antara Metode Pelatihan Dengan Kreativitas Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin Di LKP Hermin Jepara. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 14-17, feb. 2020. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/16795>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16795.