PERAN METODE PRAKTEK DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS PESERTA PELATIHAN DI LKP ANDI’S ENGLISH COURSE BUDUAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Rovika Dwi Fitriani Pendidikan Luar Sekolah
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember
  • Lutfi Ariefianto Pendidikan Luar Sekolah Universitas Jember

Abstract

Metode praktek merupakan suatu cara yang dijadikan sebagai pedoman bagi instruktur untuk melaksanakan pembelajaran agar tercapai tujuan untuk mempermudah peserta pelatihan memahami materi lalu diaplikasikan melalui kegiatan praktek dengan menggunakan alat atau media pendukung dan diikuti dengan prosedur yang benar. Adapun metode praktek dalam penelitian ini yaitu pengembangan melalui native speaker dan permainan bisik berantai yang mana metode tersebut dinilai memilikiperan khususnya dalam mempengaruhi keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo. Rumusan masalah dalam penelitian ini  adalah bagaimanakah peran metode praktek dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran metode praktek dalam penguasaan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo. Adapun manfaat dari penelitian ini, untuk menambah ilmu pengetahuan,menambah wawasan, dapat dijadikan sebagai masukan dan praktik dalam mengembangkan program Pendidikan Luar Sekolah tentang (LKP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan daerah penelitian menggunakan teknik Purposivearea. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball sampling.Hasil temuan menunjukkan bahwa, metode praktek native speaker dan permainan bisik berantai dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan berbahasa inggris peserta pelatihan, seperti keterampilan berbicara, keterampilan menyimak dan keterampilan membaca.. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk LKP, hendaknya lembaga memaksimalkan lagi metode pembelajaran yang sudah ada agar peserta pelatihan di LKP ini penguasaan berbahasa inggrisnya lebih baik

Published
2019-09-02
How to Cite
FITRIANI, Rovika Dwi; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; ARIEFIANTO, Lutfi. PERAN METODE PRAKTEK DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS PESERTA PELATIHAN DI LKP ANDI’S ENGLISH COURSE BUDUAN KABUPATEN SITUBONDO. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 49-53, sep. 2019. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/13573>. Date accessed: 09 apr. 2020.