UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN PADA KELOMPOK B DI TK WISMA RINI KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER
Abstract
Gerak merupakan unsur utama dalam pengembangan motorik anak. Jika anak banyak bergerak maka akan semakin banyak manpaat yang akan di peroleh anak ketika ia makin trampil menguasai garakan motoriknya baik motorik halus maupun motorik kasar yang keduanya berfungsi sebagai ransangan dalam pengembangan intelegensi dan kesehatan. Namun yang perlu diketahui adalah bagaimana upaya pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan pada kelompok B di TK Wisma Rini Kecamatan Semboro Kabupaten Jember sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan dan untuk memahami lebih dalam mengenai kemampuan motorik kasar anak Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindak kelas dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus klasikal yang dihitung secara manual. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diadakan tindakan pada siklus I kemampuan motorik kasar anak mengalami peningkatan, anak pada kriteria belum baik sebanyak 9,52%, anak dengan kriteria cukup baik sebanyak 38,09 %, anak pada kriteria baik sebanyak 52,38%. Pada siklus II kemampuan motorik kasar anak dengan kriteria belum baik sebanyak 4,76%, anak dengan kriteria cukup baik juga menurun menjadi 14,28 %, sedangkan anak pada kriteria baik meningkat sebanyak 80.95%. Dengan kalkulasi peningkatan kemampuan motorik kasar anak sebesar 80,95% maka dapat dikatakan bahwa kemampuan motorik kasar anak berada pada kriteria baik atau meningkat