Pengaruh Model Project-Based Learning (PjBL) Berbasis Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V Di SDN Semboro 04 Materi Rantai Makanan
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Semboro 04 Jember, siswa masih memiliki kemampuan berpikir kreatif yang rendah, terutama siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan kurangnya pembiasaan baik dalam metode pemberian soal yang mendorong siswa berpikir kreatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Semboro 04 pada materi rantai makanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen dengan pola non-equivalent control group. Hasil analisis uji t yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,490 > 2,0004. Berdasarkan data yang diperoleh Ha diterima dan H0 ditolak dengan pernyataan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbasis media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Semboro 04 pada materi rantai makanan .