Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Lagu Jember Nusantara dalam Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar

  • Chandra Ayu Proborini Universitas Jember
  • Ainur Rochmah Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang
  • Suhartiningsih Suhartiningsih Universitas Jember

Abstract

Kearifan lokal menjadi hal yang penting untuk diterapkan dalam dunia pendidikan sejak jenjang pendidikan dasar. Integrasi nilai kearifan lokal dalam pada mata pelajaran disekolah menjadi salah satu bentuk implementasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana eksplorasi integrasi nilai-nilai kearifan lokal melalui lagu Jember Nusantara dalam pembelajaran seni budaya di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menyajikan hasil analisis yang rinci dan sitematis tanpa menggunakan perhitungan statistik atau kuantifikasi. Teknik pengumpulan data pada penulisan artikel ini menggunakan teknik observasi partisipatif dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai kearifan lokal melalui lagu Jember Nusantara dalam proses pembelajaran seni budaya di Sekolah Dasar dapat meningkatkan kemampuan akademik, keterampilan seni dan kemampuan sosial.

Published
2024-10-30
How to Cite
PROBORINI, Chandra Ayu; ROCHMAH, Ainur; SUHARTININGSIH, Suhartiningsih. Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Lagu Jember Nusantara dalam Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 349-356, oct. 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/53172>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.53172.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.