Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Lagu Jember Nusantara dalam Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar
Abstract
Kearifan lokal menjadi hal yang penting untuk diterapkan dalam dunia pendidikan sejak jenjang pendidikan dasar. Integrasi nilai kearifan lokal dalam pada mata pelajaran disekolah menjadi salah satu bentuk implementasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana eksplorasi integrasi nilai-nilai kearifan lokal melalui lagu Jember Nusantara dalam pembelajaran seni budaya di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menyajikan hasil analisis yang rinci dan sitematis tanpa menggunakan perhitungan statistik atau kuantifikasi. Teknik pengumpulan data pada penulisan artikel ini menggunakan teknik observasi partisipatif dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai kearifan lokal melalui lagu Jember Nusantara dalam proses pembelajaran seni budaya di Sekolah Dasar dapat meningkatkan kemampuan akademik, keterampilan seni dan kemampuan sosial.