Pengembangan Media Smart Monsuba Pada Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kranding
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji desain media pembelajaran Smart Monsuba untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Kranding Kabupaten Pekalongan pada mapel pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam serta Sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan pengembangan Borg And gall. Populasi penelitian berjumlah total 30 orang, dengan masing-masing untuk skala kecil serta skala besar yakni 6 serta 24 subjek siswa.. Penelitian diawali dengan melakukan observasi mengenai penggunaan media pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data secara tes (Pretest serta Posttest) serta non tes sepeti angket, wawancara, serta dokumentasi. Validasi ahli materi mendapat nilai 90%, sedangkan ahli media 94,73%. Hasil penelitian menggunakan media pembelajaran Smart Monsuba menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dibuktikan melalui skor rata-rata dari 54 menjadi 79 untuk skala kecil, serta rata-rata 50 ke 81 untuk skala besar. Pada hasil nilai uji N-Gain sebesar 0, 552 pada skala kecil serta 0,625 pada skala besar. Hal tersebut menunjukkan peningkatan belajar yang cukup tinggi. Simpulan penelitian menunjukkan keefiktifan media Smart monsuba dalam peroses pembelajaran, serta menunjukkan Media Smart monsuba sebagai media yang menarik minat siswa serta , mudah digunakan serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa.