Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

  • Trapsila Siwi Hutami Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember
  • Zetti Finali Universitas Jember
  • Dyah Ayu Puspitaningrum Universitas Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD khususnya pada mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS dengan proyek membuat bahan ajar e-modul untuk siswa SD. Metode kualitatif deskripstif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan indikator berpikir kreatif yaitu fluency (pemikiran lancar), flexibility (pemikiran luwes), originality (pemikiran orisinal), elaboration (pemikiran terperinci, dan evaluation (mampu menilai). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa, khususnya pada aspek berpikir lancar dan luwes.

Published
2024-10-28
How to Cite
HUTAMI, Trapsila Siwi et al. Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 255-263, oct. 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/52792>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.52792.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.