Efektivitas Media Pembelajaran Siklus Air terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD
Abstract
Rendahnya hasil belajar dan pemahaman siswa mengenai siklus air atas sebab digunakanya media pembelajaran yang kurang optimal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas media belajar siklus air untuk bisa mengoptimalkan hasil belajar pada pelajaran IPAS kelas V di SDN 1 Sukosono Jepara. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperiment, khususnya desain one group Pretest – Posttest. Objek peneltian ini dilaksanakan di SDN 1 Sukosono Jepara pada kelas V dengan 23 siswa sebagai peserta. Tujuannya adalah untuk menilai pengaruh pengaplikasian media pembelajaran siklus air terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa. Hasil penelitian dalam hasil belajar kenaikan tingkat yang signifikan, dengan rata-rata perolehan nilai posttest mencapai 78,29, sedangkan nilai rata-rata pretest hanya 45,90, mengindikasikan adanya perubahan antara pra dan pasca penerapan media siklus air secara signifikan.