Identifikasi Kelebihan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sekolah Dasar di Banyuwangi
Abstract
Kurikulum merdeka mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa diberi kebebasan untuk memilih dan menentukan cara belajarnya sendiri sehingga diharapkan mampu mengembangkan minat dan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi beberapa kelebihan kurikulum merdeka dalam pembelajaran di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada 18 guru SD/ MI di Banyuwangi yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan kurikulum merdeka pada indikator kurikulum merdeka lebih mendalam mencapai 50%, indikator kurikulum merdeka memberi kebebasan kepada siswa mencapai 28%, indikator kurikulum merdeka lebih relevan dan interaktif mencapai 28%, indikator struktur kurikulum merdeka lebih fleksibel mencapai 28%, indikator kurikulum merdeka lebih fokus pada materi esensial mencapai 39%, indikator kurikulum merdeka menggunakan beragam perangkat pembelajaran 44%, indikator pembelajaran dengan kurikulum merdeka lebih menyenangkan mencapai 67%, dan indikator kurikulum merdeka dapat mengembangkan potensi siswa mencapai 61%.