Pengembangan Aplikasi Mobile Learning (SIMOBILE) Berbasis Android pada Muatan Pembelajaran IPA SD
Abstract
Pembelajaran IPA ialah konsep terpadu dan terpenting untuk mempelajari alam sekitar maupun diri peserta didik. Berdasar pra-penelitian di SDN 1 Datar Jepara diketemukan permasalahan dipembelajaran IPA yang belum maksimal. Penggunaan media pembelajaran IPA berbasis IT belum optimal serta sumber belajar terbatas berakibat hasil belajar IPA rendah dikarenakan kurangnya motivasi peserta didik belajar. Tujuan penelitian ialah mengembangkan dan menguji kelayakan media aplikasi mobile learning (simobile) berbasis android pada muatan pembelajaran IPA kelas V SDN 1 Datar Kabupaten Jepara. Model penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan angket validasi sebagai instrumen pengumpulan data. Simobile dikembangkan sesuai kebutuhan guru dan peserta didik dalam pembelajaran IPA. Pengembangan simobile dirancang dengan karakteristik yang secara khusus meliputi splash screen, halaman login, menu utama, temu virtual, informasi, kompetensi, materi, games, evaluasi, sertifikat dan keluar. Simobile dikembangkan berdasar penilaian kelayakan ahli media, dan materi. Berdasar penilaian kelayakan ahli media simobile dengan skor persentase penilaian sebesar 88%, sedangkan penilaian ahli materi sebesar 89% berkriteria sangat layak. Serta pada angket tanggapan guru dan peserta didik yang mendapat persentase 90% dan 95% terkategori sangat baik. Simpulannya aplikasi mobile learning (simobile) berbasis android layak diterapkan di pembelajaran IPA SD.