Model Contextual Teaching Learning Berbantu Media Pop Up Book Pamenpus untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Cengkalsewu 01 dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching Learning) berbantu media Pop Up Book Pamenpus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Cengkalsewu 01 sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model CTL berbantu media Pop Up Book Pamenpus dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Cengkalsewu 01. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada keterampilan menulis puisi siswa pada setiap siklusnya; pada Siklus I presentasenya sebesar 48 % dengan nilai rata-rata siswa tujuh puluh satu dan pada Siklus II prsentasenya sebesar 88% dengan nilai rata-rata siswa delapan puluh dua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) berbantu media Pop Up Book Pamenpus dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Cengkalsewu 01 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.