Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Eben Putri Magdalena Zendrato Universitas Nias
  • Silvi Oktariani Zai Universitas Nias
  • Des Magdalena Zega Universitas Nias
  • Evi Lestari Hulu Universitas Nias
  • Inta Murni Gulo Universitas Nias
  • Intan Permata Hati Zebua Universitas Nias
  • Mira Lesmawati Waruwu Universitas Nias
  • Tina Rohani Gea Universitas Nias
  • Edward Harefa Universitas Nias

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan kemampuan menulis puisi di tingkat sekolah dasar, namun menulis puisi sangat penting untuk menggali potensi kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi bebas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan pengamatan untuk pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari 60 peserta didik kelas VI SD Negeri 070186 Iraonogambo. Hasil uji hipotesis dan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam implementasi pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran sinektik dengan kemampuan menulis puisi peserta didik. Penelitian ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran bagi guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik untuk menulis puisi.

Published
2024-10-28
How to Cite
ZENDRATO, Eben Putri Magdalena et al. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Puisi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 233-240, oct. 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/50998>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.50998.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.