Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 286 Maluku Tengah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka dan untuk mengetahui proses dan hasil kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SD Negeri 286 Maluku Tengah masih memerlukan perbaikan. Meskipun sebagian besar guru menunjukkan pemahaman yang cukup baik terhadap struktur dan konsep kurikulum merdeka, masih ada beberapa yang membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam. Upaya untuk meningkatkan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka harus melalui pelatihan yang lebih intensif dan dukungan yang berkelanjutan dari pihak terkait, termasuk pemerintah, dan lembaga pendidikan. Perlu adanya peningkatan fasilitas dan sarana-prasarana di sekolah, serta penyediaan perangkat pembelajaran memadai. Selain itu pemahaman tentang konsep P5 juga perlu ditingkatkan.