Pengembangan Bahan Ajar Augmented Reality dengan Assemblr pada Materi Siklus Air

  • Nyimas Widya Surtiningtyas Universtas Pakuan
  • Rita Istiana Universitas Pakuan
  • Santa Santa Universitas Pakuan

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna merupakan salah satu kunci meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dapat diwujudkan melalui penggunaan bahan ajar yang didukung dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan untuk menguji kelayakan serta keefektifan produk bahan ajar Augmented Reality dengan Assemblr pada Materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model penelitian ADDIE. Hasil validasi oleh ahli mendapat rata-rata persentase sebesar 90% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil angket respon guru mendapat 95% dan hasil angket respon peserta didik mendapat 93% dengan kategori sangat layak, dan nilai rata-rata N-Gain hasil belajar yaitu 0,78 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar Augmented Reality dengan Assemblr sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2024-10-28
How to Cite
SURTININGTYAS, Nyimas Widya; ISTIANA, Rita; SANTA, Santa. Pengembangan Bahan Ajar Augmented Reality dengan Assemblr pada Materi Siklus Air. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 224-232, oct. 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/49661>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.49661.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.