Pengembangan Bahan Ajar Augmented Reality dengan Assemblr pada Materi Siklus Air
Abstract
Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna merupakan salah satu kunci meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dapat diwujudkan melalui penggunaan bahan ajar yang didukung dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan untuk menguji kelayakan serta keefektifan produk bahan ajar Augmented Reality dengan Assemblr pada Materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model penelitian ADDIE. Hasil validasi oleh ahli mendapat rata-rata persentase sebesar 90% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil angket respon guru mendapat 95% dan hasil angket respon peserta didik mendapat 93% dengan kategori sangat layak, dan nilai rata-rata N-Gain hasil belajar yaitu 0,78 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar Augmented Reality dengan Assemblr sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.