Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bumi dan Alam Semesta Kelas VC SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan

  • Renaldy Diaz Suryawan Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono
  • Siti Sundari

Abstract

Dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VC di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang IPA dan disiplin ilmu yang berkaitan dengan IPA. Penelitian yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Tiga puluh siswa di kelas VC dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data untuk penelitian ini mencakup berbagai metode, antara lain wawancara, dokumen, tes, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan paradigma pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IPA yang memuat topik seperti bumi dan luar angkasa mempunyai pengaruh yang besar dan menguntungkan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari enam puluh persen pada siklus satu dengan nilai rata-rata tujuh puluh enam menjadi delapan puluh tiga persen pada siklus dua dengan nilai rata-rata delapan puluh dua. Paradigma Pembelajaran Dasar Problem Learning (PBL) pada kelas VC di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada disiplin ilmu dan mata pelajaran yang berhubungan dengan bumi dan kosmos yang diajarkan pada mata pelajaran ilmiah. kurikulum

Published
2024-06-22
How to Cite
SURYAWAN, Renaldy Diaz; BUDIYONO, Budiyono; SUNDARI, Siti. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bumi dan Alam Semesta Kelas VC SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 143-148, june 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/48934>. Date accessed: 17 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48934.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.