Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bumi dan Alam Semesta Kelas VC SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan
Abstract
Dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VC di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang IPA dan disiplin ilmu yang berkaitan dengan IPA. Penelitian yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Tiga puluh siswa di kelas VC dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data untuk penelitian ini mencakup berbagai metode, antara lain wawancara, dokumen, tes, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan paradigma pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IPA yang memuat topik seperti bumi dan luar angkasa mempunyai pengaruh yang besar dan menguntungkan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari enam puluh persen pada siklus satu dengan nilai rata-rata tujuh puluh enam menjadi delapan puluh tiga persen pada siklus dua dengan nilai rata-rata delapan puluh dua. Paradigma Pembelajaran Dasar Problem Learning (PBL) pada kelas VC di SDN Lawangan Daya 2 Pamekasan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada disiplin ilmu dan mata pelajaran yang berhubungan dengan bumi dan kosmos yang diajarkan pada mata pelajaran ilmiah. kurikulum