Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pengukuran Satuan Panjang Tidak Baku Pada Siswa Kelas 1 UPT SDN 178 Gresik
Abstract
Pemilihan model pembelajaran sangat penting dalan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pengukuran satuan panjang tidak baku dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas 1 UPT SDN 178 Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan seabnayak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 1 di UPT SDN 178 Gresik dengan jumlah 19 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran matematika materi pengukuran satuan panjang tidak baku. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh dari kegiatan siklus I presentase ketuntasan belajar adalah 58% dengan nilai rata-rata 65,26 dan mengalami peningkatan menjadi 84% dengan nilai rata-rata 81,05 pada kegiatan pembelajaran di siklus II