Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbantuan Wordwall Pada Materi Balok dan Kubus Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional, kurangnya unsur permainan dalam pembelajaran, dan karakter peserta didik yang terbiasa dengan melakukan kecurangan ketiga mengerjakan soal. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: (1) mengembangkan evaluasi pembelajaran berbantuan Wordwall, (2) mengetahui kepraktisan dan kelayakan evaluasi pembelajaran berbantuan Wordwall pada materi balok dan kubus kelas IV SD, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri Roda Bogor dengan jumlah 27 orang, sedangkan objeknya adalah evaluasi pembelajaran Wordwall yang dikembangkan. Hasil dari validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi medapatkan interpretasi yang cukup tinggi, (validasi ahli media 90%), (validasi ahli bahasa 100%), dan (validasi ahli materi 98%). Secara keseleruhan hasil validasi ahli masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan uji coba instrumen mendapatkan hasil respon peserta didik dengan rata-rata persentase 97%. Evaluasi pembelajaran berbantuan Wordwall yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran.