Penggunaan Media Permainan Edu Card Pecahan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 UPT SDN 178 Gresik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menggunakan media permainan Edu Card untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 UPT SDN 178 Gresik pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan dikenal dengan penelitian tindakan kelas. Pembuatan kartu ajar pecahan dan benda nyata dari kertas origami untuk merepresentasikan pecahan merupakan dua cara penerapan paradigma pembelajaran PjBL. Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi merupakan empat fase yang dilalui setiap siklus dalam desain penelitian Kemmis dan McTaggart. 32 siswa dijadikan sebagai sampel untuk penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi penilaian tertulis dan penelitian observasional. Metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif digunakan dalam pendekatan analisis data. Tingkat ketuntasan pembelajaran siklus I sebesar 66%, sedangkan tingkat ketuntasan pembelajaran siklus II sebesar 84%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemanfaatan media permainan pecahan Edu Card pada siswa kelas 2 UPT SDN 178 Gresik memberikan dampak terhadap hasil belajar matematikanya.