Pengggunaan Media Pembelajaran Alat Peraga “Tangga Pintar” Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Di SDN Tanah Kali Kedinding 1/251 Surabaya
Abstract
Tujuan penelitian ini menaikkan motivasi belajar peserta didik di kelas III SD di SDN Tanah Kali Kedinding 1/251 Surabaya untuk menggunakan alat peraga sederhana yang dikenal sebagai "Tangga Pintar" untuk belajar matematika satuan panjang dan satuan berat. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), memakai desain model spiral, digunakan di penelitian ini. Alat atau komponen yang dipakai seorang guru selama pembelajaran dikenal sebagai media pembelajaran. Sebab tugas utama guru yakni merancang, mengelola, menjalankan dan mengevaluasi pembelajaran, peran mereka sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran juga penting untuk memutuskan berhasilnya pembelajaran. Karenanya, guru wajib membuat media pembelajaran yang menarik supaya peserta didik tertarik serta termotivasi untuk belajar. Pemakaian alat peraga sederhana bisa menaikkan motivasi belajar