Optimalisasi Menulis Huruf Kapital melalui Teknik Pembelajaran TGT pada Siswa Sekolah Dasar Kelas III
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui optimalisasi menulis huruf dengan model Teams Games Tournament. Penelitian ini diterapkan karena pada pembelajaran yang dilakukan guru, pembelajaran hanya melalui ceramah (teacher centered learning) sehingga perlu adanya inovasi untuk memotivasi peserta didik. Dalam penelitian ini diterapkan permainan turnamen beregu dengan menggunakan huruf kapital bahasa Indonesia dan tanda baca untuk peserta didik kelas III. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Kudu 1 Kertosono yang terdiri dari 9 orang. Penelitian PTK ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dan dilakukan dalam siklus dengan 4 langkah atau tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Observasi dan catatan lapangan digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I Tingkat ketuntasan mencapai angka 33% kemudian pada siklus II mencapai 89% hal tersebut berarti dalam penelitian ini hasil belajar yang teridentifikasi sudah tercapai sehingga tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya