Optimalisasi Menulis Huruf Kapital melalui Teknik Pembelajaran TGT pada Siswa Sekolah Dasar Kelas III

  • Usnatun Nafsika Desy Artawiddi Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Yacobus Supardal Sekolah Dasar Negeri Kudu 1 Kertosono
  • Devfinda Ratih Yuli Apsari Sekolah Dasar Negeri Kudu 1 Kertosono
  • Surya Bima Sarika Sekolah Dasar Negeri Kudu 1 Kertosono

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui optimalisasi menulis huruf dengan model Teams Games Tournament. Penelitian ini diterapkan karena pada pembelajaran yang dilakukan guru, pembelajaran hanya melalui ceramah (teacher centered learning) sehingga perlu adanya inovasi untuk memotivasi peserta didik. Dalam penelitian ini diterapkan permainan turnamen beregu dengan menggunakan huruf kapital bahasa Indonesia dan tanda baca untuk peserta didik kelas III. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Kudu 1 Kertosono yang terdiri dari 9 orang. Penelitian PTK ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dan dilakukan dalam siklus dengan 4 langkah atau tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Observasi dan catatan lapangan digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I Tingkat ketuntasan mencapai angka 33% kemudian pada siklus II mencapai 89% hal tersebut berarti dalam penelitian ini hasil belajar yang teridentifikasi sudah tercapai sehingga tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya

Published
2024-06-21
How to Cite
ARTAWIDDI, Usnatun Nafsika Desy et al. Optimalisasi Menulis Huruf Kapital melalui Teknik Pembelajaran TGT pada Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 34-41, june 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/48675>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48675.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.