Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas I SDN Lidah Wetan 4 Melalui Media Corung (Corong Berhitung)

  • Musvita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Arfiani Ika Nuraini SDN Lidah Wetan 4 Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekstra siswa kelas 1 SDN Lidah Wetan 4 dengan menggunakan media CORUNG (Corong Berhitung). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Membantu anak-anak kelas 1 SDN Lidah Wetan 4 yang kesulitan memahami ide-ide baru adalah tujuan dari proyek ini. Hal ini disebabkan oleh kurangnya materi pembelajaran yang menarik dan praktis serta kurangnya motivasi dan semangat siswa untuk belajar. Hasilnya, SDN Lidah Wetan 4 Surabaya berupaya meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CORUNG (Corong Berhitung) meningkatkan hasil belajar siswa; pada Siklus I persentasenya sebesar 50 % dan pada Siklus II sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CORUNG juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Lidah Wetan 4. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil, disarankan agar media CORUNG digunakan di kelas I SDN Lidah Wetan 4 sebagai pembelajaran tambahan. pendidikan siswa.

Published
2024-06-22
How to Cite
SARI, Musvita; NURAINI, Arfiani Ika; RUKMI, Asri Susetyo. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas I SDN Lidah Wetan 4 Melalui Media Corung (Corong Berhitung). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 120-126, june 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/48672>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48672.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.