Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas I SDN Lidah Wetan 4 Melalui Media Corung (Corong Berhitung)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekstra siswa kelas 1 SDN Lidah Wetan 4 dengan menggunakan media CORUNG (Corong Berhitung). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Membantu anak-anak kelas 1 SDN Lidah Wetan 4 yang kesulitan memahami ide-ide baru adalah tujuan dari proyek ini. Hal ini disebabkan oleh kurangnya materi pembelajaran yang menarik dan praktis serta kurangnya motivasi dan semangat siswa untuk belajar. Hasilnya, SDN Lidah Wetan 4 Surabaya berupaya meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CORUNG (Corong Berhitung) meningkatkan hasil belajar siswa; pada Siklus I persentasenya sebesar 50 % dan pada Siklus II sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CORUNG juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Lidah Wetan 4. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil, disarankan agar media CORUNG digunakan di kelas I SDN Lidah Wetan 4 sebagai pembelajaran tambahan. pendidikan siswa.