Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD

  • Ahmad Diauddin Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember
  • Arkesi Arkesi SDN Setia Mulya 01 Bekasi
  • Antonius Sani SDN Ongalereng Flores Timur
  • Arif Nur Afifah Universitas Jember

Abstract

Permasalahan yang timbul yaitu hasil tugas pekerjaan rumah siswa mendapatkan nilai yang baik, namun ketika siswa mengerjakan tugas di kelas mendapat nilai yang rendah. Hasil observasi awal juga menunjukkan siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar dan aktivitas belajar IPS siswa setelah mengimplementasikan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Partisipan penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Wonorejo 01. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara dengan guru, observasi, dan dokumentasi. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 69,80, pada siklus I sebesar 71,7, dan siklus II sebesar 85,8. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 62,27, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,5, dan pada siklus II sebesar 89,3. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Wonorejo 01 Kabupaten Jember secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Published
2023-10-31
How to Cite
DIAUDDIN, Ahmad et al. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 177-187, oct. 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/46783>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i3.46783.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.