Pendidikan Multikultural Sebagai Media Penanaman Sikap Toleransi Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Chandra Ayu Proborini Universitas Jember
  • Rif’atul Vaizah Program Studi PGSD Universitas Jember
  • Suhartiningsih Suhartiningsih Program Studi PGSD Universitas Jember
  • Hari Satrijono Program Studi PGSD Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama Program Studi PGSD Universitas Jember

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pendekatan progesif untuk melakukan perubahan pada dunia pendidikan, hal ini merupakan fungsi dari suatu pendidikan, hal ini menjadikan pendidikan multikutural tidak lepas dari sikap toleransi karena keduanya adalah suatu kesatuan sistem pendidikan nasional. Sikap toleransi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memperlakukan seseorang dengan segala perbedaanya. Tujuan dari disusunnya artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara memanfaatkan media pendidikan multikultural untuk penanaman sikap toleransi pada siswa sekolah dasar. Selain itu dalam artikel ini juga dibahas mengenai hambatan penerapan pendidikan multikultural di sekolah dasar dan strategi mengatasi hambatan tersebut. Aritkel ini menggunakan metode penelitian studi literatur, dimana mengumpulkan data-data yang relevan tentang pendidikan multikultural dan penerapannya yang kemudian dikaji sehingga menemukan sebuah fakta keilmuan baru mengenai pendidikan muktikultural di sekolah dasar.


Kata Kunci: Pendidikan multikultural, toleransi

Published
2023-06-25
How to Cite
PROBORINI, Chandra Ayu et al. Pendidikan Multikultural Sebagai Media Penanaman Sikap Toleransi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 57-65, june 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/39934>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i2.39934.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.