Pendidikan Multikultural Sebagai Media Penanaman Sikap Toleransi Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan merupakan suatu pendekatan progesif untuk melakukan perubahan pada dunia pendidikan, hal ini merupakan fungsi dari suatu pendidikan, hal ini menjadikan pendidikan multikutural tidak lepas dari sikap toleransi karena keduanya adalah suatu kesatuan sistem pendidikan nasional. Sikap toleransi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memperlakukan seseorang dengan segala perbedaanya. Tujuan dari disusunnya artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara memanfaatkan media pendidikan multikultural untuk penanaman sikap toleransi pada siswa sekolah dasar. Selain itu dalam artikel ini juga dibahas mengenai hambatan penerapan pendidikan multikultural di sekolah dasar dan strategi mengatasi hambatan tersebut. Aritkel ini menggunakan metode penelitian studi literatur, dimana mengumpulkan data-data yang relevan tentang pendidikan multikultural dan penerapannya yang kemudian dikaji sehingga menemukan sebuah fakta keilmuan baru mengenai pendidikan muktikultural di sekolah dasar.
Kata Kunci: Pendidikan multikultural, toleransi