Analisis Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Mendisiplinkan Peserta Didik di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Mendisiplinkan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Aqueeni Shaqiela, Salwa Anindita, Rizqia A, Veliin, Khalila Nurhasanah, Risky, Muhammad Farris, Billi Kurniawan, Muhammad ferniko A, Anjani Stenly, Dumorra Salsabila, Tsabit Sabara. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara kepada 3 orang diantaranya, Iip Sopian (Kepala Sekolah SDIT Mutiara), Meyla Susana Ratih (Guru kelas 5), Nindi Riana Putri (Guru Kelas 4) dan Dokumentasi kegiatan Ekstrakurikuler pencak Silat. Kisi-kisi untuk membentuk kedisiplinan peserta didik diantaranya, Datang tepat waktu pada saatlatihan, Menaati peraturan berupa menggunakan atribut seragam yang lengkap, Menaati peraturan berupa berperilaku sopan santun saat Latihan, Menaati segala macan intruksi dari pelatih, Berdoa sebelum memulai Latihan, Menaati segala hukum-hukum agama, dan Menggunakan hukuman apabila melakukan kesalahan atau keterlibatan