Pengembangan Model Pengelolaan Lingkungan Berkebun untuk Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida 01 Tahun Ajaran 2021/2022

  • Azkia Khusnul Khotimah Universitas Jember
  • Laily Nur Aisiyah Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Aisyah Nur Atika Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Lingkungan belajar outdoor memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan anak dimana anak dapat bermain dilingkungan alam dan beradaptasi langsung dengan keadaan yang nyata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan model pengelolaan kegiatan berkebun untuk kreativitas anak di RA PERWANIDA 01 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan research and development (R and D). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru dan anak. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data validasi dan teknik analisis keefektifan internal. Proses pengembangan lingkungan berkebun untuk kreativitas anak kelompok A di RA PERWANIDA 01, Sumbersari, Jember menggunakan model pendekatan ADDIE, yaitu 1) tahap analisis yaitu permasalahan yang ditemukan ketika melakukan pengamatan di kelas dimana kurang bervariasi pembelajaran dan kurang optimalnya pemanfaatan lingkungan belajar, 2) tahap mendesain produk dalam pengembangan ini produk yang dikembangkan ialah lingkungan berkebun, 4) tahap validasi desain produk dalam uji validitas dilakukan oleh dua ahli yaitu dosen PG PAUD dan guru kelas kelompok A RA PERWANIDA 01, 5) Tahap Evaluasi yaitu untuk mengetahui apakah perlu solusi atau tidak. Hasil pengembangan lingkungan berkebun dikategorikan valid dengan nilai 4,5 berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan validator dari praktisi, dengan kriteria skor 90. Hal ini dapat dikatakan bahwa pengembangan lingkungan berkebun sangat layak.

Published
2023-06-30
How to Cite
KHOTIMAH, Azkia Khusnul; AISIYAH, Laily Nur; ATIKA, Aisyah Nur. Pengembangan Model Pengelolaan Lingkungan Berkebun untuk Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida 01 Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 89-98, june 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/33293>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i2.33293.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.