ANALISIS ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD TEMA CITA-CITAKU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian isi pada buku siswa kelas IV tema Cita-citaku, meliputi kesesuaian KD dengan materi pembelajaran, kesesuaian kedalaman materi, kesesuaian antara materi dengan media gambar, danĀ kesesuaian antara materi dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yang mengacu pada model penelitian Miles dan Huberman terdiri atas 4 tahapan, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian analisis kelayakan isi pada buku siswa kelas IV tema Cita-citaku dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu: (1) kesesuaian KD dengan materi dikategorikan sangat layak dengan persentase sebesar 97,87%. Kesesuaian antara materi dengan KD sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016; (2) hasil analisis kesesuaian kedalaman materi dikategorikan layak dengan persentase sebesar 60,10%. Terdapat empat komponen yang dianalisis yakni A1 (konsep), A2 (definisi), A3 (prosedur), dan A4 (latihan soal); (3) hasil analisis kesesuaian media gambar dikategorikan sangat layak dengan persentase sebesarĀ 97,87%. Terdapat 47 media gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi materi yang sedang dibahas. Terdapat 1 gambar yang tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas; dan (4) hasil analisis kesesuaian pendekatan saintifik dikategorikan sangat layak dengan persentase sebesar 96,67%. Kemunculan hasil tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014.