ANALISIS ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD TEMA CITA-CITAKU

  • Aditya Tri Wicaksono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia
  • Fajar Surya Hutama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian isi pada buku siswa kelas IV tema Cita-citaku, meliputi kesesuaian KD dengan materi pembelajaran, kesesuaian kedalaman materi, kesesuaian antara materi dengan media gambar, danĀ  kesesuaian antara materi dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yang mengacu pada model penelitian Miles dan Huberman terdiri atas 4 tahapan, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian analisis kelayakan isi pada buku siswa kelas IV tema Cita-citaku dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu: (1) kesesuaian KD dengan materi dikategorikan sangat layak dengan persentase sebesar 97,87%. Kesesuaian antara materi dengan KD sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016; (2) hasil analisis kesesuaian kedalaman materi dikategorikan layak dengan persentase sebesar 60,10%. Terdapat empat komponen yang dianalisis yakni A1 (konsep), A2 (definisi), A3 (prosedur), dan A4 (latihan soal); (3) hasil analisis kesesuaian media gambar dikategorikan sangat layak dengan persentase sebesarĀ  97,87%. Terdapat 47 media gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi materi yang sedang dibahas. Terdapat 1 gambar yang tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas; dan (4) hasil analisis kesesuaian pendekatan saintifik dikategorikan sangat layak dengan persentase sebesar 96,67%. Kemunculan hasil tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014.

Published
2023-06-30
How to Cite
WICAKSONO, Aditya Tri; HUTAMA, Fajar Surya. ANALISIS ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 77-88, june 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/32904>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i2.32904.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.