Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi

  • Siti Masruroh Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Hari Satrijono Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Suhartiningsih Suhartiningsih Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Dyah Ayu Puspitaningrum Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Ridho Alfarisi Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh kegiatan literasi dasar terhadap minat baca siswa di kelas V SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Adapun langkah-langkah penelitian yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) merusmuskan hipotesis; (3) memilih kelas eksperiment; (4) melakukan pre angket; (5) melaksanakan literasi dasar; (6) melakukan post angket; (7) analisis data; (8) menyusun laporan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan taraf signifikasi 0,05%, diperoleh thitung (18,546) > ttabel (2,179). Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata pre angket sebesar dan post angket atau perbedaan sebelum dilaksanakanya kegiatan literasi dasar dan setelah dilaksanakanya kegiatan literasi dasar. Perolehan nilai rata-rata pada pre angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 50,60. Sedangkan nilai yang diperoleh pada post angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,50. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh kegiatan literasi dasar terhadap minat membaca siswa kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi.

Published
2022-06-29
How to Cite
MASRUROH, Siti et al. Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 220-228, june 2022. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/31798>. Date accessed: 07 oct. 2022.