Pengembangan E-LKPD Berbasis Permainan Tradisional Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Kelas II SDN Dabasah 5 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari pengembangan e-LKPD berbasis permainan tradisional pada kelas II SDN Dabasah 5 Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan pendahuluan, revisi produk, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk, uji coba implementasi lapangan, produk final dan produk masal, desiminasi produk dan implementasi. Penelitian pengembangan e-LKPD berbasis permainan tradisional hanya menggunakan 8 dari 10 tahap dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini bertempat di SDN Dabasah 5 Bondowoso pada kelas II. Hasil 3 validator memiliki rata-rata validitas produk sebesar 91,78% dengan kategori sangat layak dan valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil belajar dan keefektifan produk dengan persentase 90% yang diukur dari hasil tes hasil belajar yang dikerjakan peserta didik setelah pembelajaran. Persentase tersebut dalam kategori sangat baik yang menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan mampu membantu sebagian besar peserta didik dalam memahami materi. Respon positif dari peserta didik mencapai 95,5% pada uji coba penggunaan dan 97% pada uji coba lapangan atau dalam kategori sangat tertarik. Dengan demikian maka e-LKPD yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.