Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema 5 Ekosistem Melalui Penggunaan Media Video Pada Siswa Kelas V SDN Bakungan Banyuwangi

  • Safrida Visma Ristalia SD Negeri Bakungan, Kabupaten Banyuwangi
  • Agustiningsih Agustiningsih Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Arik Aguk Wardoyo Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan nyaman, sehingga siswa akan termotivasi dalam belajar dan hasil belajar akan meningkat. Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi siswa merupakan kemampuan dan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hal ini didasarkan oleh asumsi bahwa ketepatan guru dalam memilih media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media video dalam pembelajaran jarang digunakan oleh guru yang terbiasa menggunakan model pembelajarn konvensional. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus.  Penelitian dilaksanakan di SDN Bakungan Banyuwangi pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan pembelajaran Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup Dalam Ekosistem pembelajaran 1. Hasil penelitian diperoleh untuk  aktivitas siswa secara klasikal pada kegiatan prasiklus, siklus I dan Siklus II dikategorikan aktif. Persentase hasil belajar kognitif pada kegiatan prasiklus dikategorikan aktif, untuk siklus I dan siklus II dikategorikan baik. Persentase hasil belajar ranah afektif pada kegiatan prasiklus cukup baik, untuk siklus I dan siklus II dikategorikan baik. Dan untuk persentase hasil belajar  ranah  psikomotorik pada kegiatan prasiklus dikategorikan cukup baik, sedangkan pada siklus I dan siklus II dikategorikan baik.

Published
2022-06-29
How to Cite
RISTALIA, Safrida Visma; AGUSTININGSIH, Agustiningsih; WARDOYO, Arik Aguk. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema 5 Ekosistem Melalui Penggunaan Media Video Pada Siswa Kelas V SDN Bakungan Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 257-272, june 2022. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/30765>. Date accessed: 07 oct. 2022.