Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember

  • Sendy Ardiana Putri Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Nuriman Nuriman Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Arik Aguk Wardoyo Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasi masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, karena siswa diberikan permasalahan untuk memecahkan permasalahan sendiri. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan desain quasi experimental design dan pola non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah 54 siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan tes. Data dianalisis dan dilakukan perhitungan uji t berbantuan SPSS versi 23 diperoleh nilai thitung 4,917 dan ttabel 2,00665, membuktikan thitung (4,917) ≥ ttabel (2,00665), maka hipotesis Hα ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember diterima. Hasil pretest-posttest didapatkan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 10,37 dan kelompok eksperimen yaitu 17,59. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif diperoleh 51,645%, maka kemampuan berpikir tingkat tinggi kelompok eksperimen (IVB) menerapkan pembelajaran berbasis masalah lebih efektif.

Published
2022-06-29
How to Cite
PUTRI, Sendy Ardiana; NURIMAN, Nuriman; WARDOYO, Arik Aguk. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDN Mojosari 01 Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 273-283, june 2022. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/27863>. Date accessed: 07 oct. 2022.