Alih Kode Bahasa Osing Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN II Lemahbangkulon Singojuruh Banyuwangi

  • Desya Atika Damayanti PGSD FKIP UNEJ
  • Suhartiningsih Suhartiningsih Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia
  • Fitria Kurniasih Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi mempunyai fungsi untuk menyampaikan pesan dan informasi. Manusia berinteraksi satu sama lain dan menciptakan banyak bahasa dan seperangat kode dalam komunikasi khususnya pada pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor-faktor terjadinya peristiwa alih kode bahasa osing pada pembelajaran bahasa indonesia tingkat sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis dan praktis dalam meningkatkan pengetahuan dan kajian dibidang ilmu sosiolinguistik dan memberikan pengetahuan kepada guru mengenai deskripsi alih kode. Penelitian ini menggunakanmetode deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara, Observatif dan dokumentasi pada pembelajaran bahasa indonesia. Lokasi penelitian ini di SDN II Lemahbangkulon Singojuruh Kabupaten Banyuwangi khususnya pada proses pembelajaran bahasa indonesia. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa bentuk alih kode bahasa sering digunakan oleh guru dan siswa dalam berinteraksi pada proses pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini terjadi karena kebiasaan guru dan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa osing baik di dalam pembelajaran ataupun dilingkungan sekolah.


 


Kata kumci : Alih kode, Komunikasi.

Published
2021-10-22
How to Cite
DAMAYANTI, Desya Atika; SUHARTININGSIH, Suhartiningsih; KURNIASIH, Fitria. Alih Kode Bahasa Osing Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN II Lemahbangkulon Singojuruh Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 105-115, oct. 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/26165>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.26165.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.